Rabu, 23 Juli 2014

Pendahuluan DCC 2014




DIPONEGORO CHEMISTRY COMPETITION 2014 Open Your Mind and Show Your Passion To Be A Great Generation

           Diponegoro Chemistry Competition 2014 merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dibentuk oleh Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro.



       Acara ini dipersembahkan kepada Jurusan, Fakultas, Universitas, maupun Bangsa sebagai dedikasi kami terhadap dunia pendidikan. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Keluarga Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro periode 2014 sebagai aktualisasi mahasiswa dalam mendorong semangat perjuangan untuk membangun bersama-sama diri kita sendiri maupun bangsa ini demi sebuah cita-cita dan kemajuan bersama. Di dalam rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari olimpiade kimia, workshop dan lomba karya tulis ilmiah.

Olimpiade kimia adalah sebuah kompetisi dalam bidang kimia tingkat SMA/MA se-Jawa agar siswa SMA/MA dapat meningkatkan pengetahuannya dibidang ilmu kimia dan memacu semangat siswa SMA/MA dalam mempelajari ilmu kimia. Kemampuan siswa sebagai kaum muda yang memiliki jiwa dan semangat yang tinggi mendorong kami untuk membuat sebuah kegiatan yang menjembatani minat dan kemampuan siswa di bidang ilmu kimia yang dianggap sebagai tolak ukur kehidupan masa depan bangsa.

Workshop guru dengan tema "Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Penerapan Ilmu Sains" merupakan pelatihan untuk guru SMA/MA se-Jawa. Workshop tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) guru SMA/MA serta meningkatkan inovasi dan kreatifitas guru SMA/MA untuk kemajuan pendidikan bangsa dan negara. 

LKTI ( Lomba Karya Tulis Ilmiah ) dengan tema "Green Chemistry" merupakan salah satu bentuk kegiatan dari DCC 2014. LKTI ini ditujukan untuk siswa/siswi SMA/MA tingkat nasional. Tema tersebut berupaya mencarimengurangi dan mencegah pencemaran pada sumbernya, san bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa supaya dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara efisien yang berguna untuk inovasi energi terbarukan dan ketahanan pangan di Indonesia. Sub tema yang dapat diambil yaitu 1. Inovasi ilmu kimia untuk energi terbarukan. 2. Solusi ilmu kimia dalam ketahanan pangan.


            9th Joint Conference on Chemistry merupakan kegiatan yang diorganisir oleh Kimia Undip yang berupa Seminar Internasional dengan tema " Green Chemistry " yang bertujuan untuk menekankan pentingnya kimia hijau untuk pembangunan berkelanjutan. Seminar ini akan membahas banyak tentang kimia terkait mengingat semua bidang utama kimia hijau, termasuk proses hijau sintesis, katalisis, pelarut ramah lingkungan, penyimpanan energi, biofuel, pendidikan kimia hijau, kebijakan, dan banyak topik menarik lainnya. Antarmuka dengan ilmu-ilmu lain dan daerah penelitian lainnya akan didorong secara aktif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar